Sabtu, 18 April 2009

Dikelilingi Cerobong Asap, SDN Bambe Dinominasikan sebagai Sekolah Sehat

Rabu, 17 Desember 2008 | 15:08 WIB

GRESIK, RABU — SD Negeri Bambe III, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik, masuk nominasi lomba lingkungan sekolah sehat tingkat Provinsi Jawa Timur.

Sekolah ini akan bersaing dengan 18 sekolah lain dari kabupaten/kota se-Jawa Timur. Lokasi sekolah itu sendiri dikelilingi pabrik dengan ratusan cerobong asap pembuang polusi udara.

Ketua Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat 2008 Susanto, Rabu (17/12), mengatakan, di Gresik ini sudah ada embrio karena pada 1991 SD Negeri Petrokimia berhasil meraih juara I. Kriteria penilaian lomba sekolah sehat meliputi 30 persen penilaian di sekretariat, yaitu sekretariat UKS tingkat kabupaten, kecamatan, dan sekretariat UKS sekolah yang bersangkutan. Penilaian di lokasi sekolah yang bersangkutan menyumbang 70 persen.

Kategori sekolah sehat adalah sarana prasarananya sehat, termasuk sarana belajar dan sanitasi. Yang penting lagi perilaku penghuni sekolah sehat, setidaknya sebelum berangkat sekolah sudah sarapan ujar Susanto.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik saat menerima rombongan tim penilai mengatakan, di bidang lingkungan hidup Gresik meraih Adipura dan Adiwiyata. Dua sekolah di Gresik termasuk di antara 10 sekolah Adiwiyata tingkat Nasional. Program sekolah sehat ini selaras dengan program yang dicanangkan Pemkab Gresik, yakni peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan. Upaya ini mendukung terciptanya visi Gresik sehat 2010, kata Khuluq.

Adi Sucipto

sumber:www.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar