Sabtu, 18 April 2009

WC Sekolah Mendadak Jadi Lokasi Favorit Murid

Kamis, 24 April 2008 | 00:17 WIB

Pada penyelenggaraan hari pertama ujian nasional, Selasa (22/4), WC sekolah di beberapa sekolah di Riau menjadi lokasi favorit murid untuk ”mencari inspirasi”. Puluhan murid terlihat silih berganti masuk dan keluar tempat buang air itu. Ternyata teknik mencari inspirasi di WC itu sangat ampuh, karena di dinding WC sudah tersedia kunci jawaban soal yang diujikan pada hari itu.

Berdasarkan pantauan Kompas bersama Tribun Pekanbaru, kunci jawaban di WC sekolah terlihat di SMA Negeri VI, SMK N I, dan SMA Negeri I Pekanbaru. Sementara di SMA Negeri III Duri, Kabupaten Bengkalis, kunci jawaban berada di kantin sekolah. Kelakuan murid masuk keluar kantin itu tidak mendapat teguran dari pengawas.

Kepala Sekolah SMA Negeri VI Pekanbaru, Wan Syamsu Rizal, ketika dikonfirmasi tentang kejadian aneh di WC sekolahnya, meminta agar masalah itu tidak dipolemikkan lebih dahulu. Menurut dia, bisa saja lembaran yang ada di WC Sekolah merupakan kunci jawaban dari soal-soal ulangan lain atau materi try out sebelumnya.

Beri jawaban

Seorang guru pengawas di SMA II Selatpanjang, Kabupaten Bengkalis, kepada Kompas menyatakan melihat langsung guru pengawas lain memberikan jawaban kepada murid-muridnya di depan kelas. Ketika seorang guru pengawas mencoba menegur, pengawas itu menyatakan, dia hanya menjalankan kesepakatan lima sekolah yang dilaksanakan hari Senin sebelumnya.

”Hari Senin kemarin, bertempat di SMA Negeri I Selatpanjang, terjadi pertemuan lima sekolah di Selatpanjang. Pada pertemuan itu dibuat kesepakatan agar guru memberi kunci jawaban kepada murid- muridnya,” kata seorang guru pengawas itu.

Seorang guru pengawas itu menambahkan, pada saat ujian Bahasa Indonesia, guru-guru Bahasa Indonesia yang seharusnya mengawas di sekolah lain diperkenankan kembali ke sekolahnya. Di sekolah asalnya, guru- guru itu diberi tugas menjawab soal ujian dan selanjutnya disebarkan kepada murid. (SAH)

sumber:Kompas Cetak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar