Minggu, 12 April 2009

Pendidikan Seks di Sekolah, Juga Perlu

Senin, 10 Maret 2008 | 18:38 WIB

SEPERTI halnya pendidikan seks di rumah yang menjadi tanggung jawab orangtua, pendidikan seks di sekolah yang menjadi tanggung jawab para guru juga sudah tidak dapat ditunda-tunda lagi kalau kita tidak ingin menyaksikan akibat lebih buruk lagi. Membiarkan situasi seperti sekarang yang berkaitan dengan seksualitas, sama saja dengan membiarkan bangsa ini menjadi semakin tidak berkualitas.

Pendidikan seks di sekolah memerlukan pedoman atau kurikulum dan harus diberikan oleh guru yang telah dipersiapkan. Hal penting yang perlu diketahui, menurut Prof. Wimpie, ialah bahwa pendidikan seks bukanlah pendidikan biologi, bukan juga pendidikan agama atau budi pekerti.

Pedoman atau kurikulum pendidikan seks dapat disusun berdasarkan kurikulum standar yang telah diterapkan di beberapa negara maju, dengan modifikasi berdasarkan pengalaman profesional menghadapi kenyataan yang ada di masyarakat, yang tidak dapat dilepaskan dari latar belakang sosiokultur.

Modifikasi inilah yang justru melengkapi kurikulum, sehingga dapat menjawab berbagai masalah seksual yang ada di masyarakat. Pendidikan seks dapat diberikan dalam bentuk pelajaran, bahan bacaan, diskusi kelompok, konseling pribadi, maupun pertemuan dengan anak dan orangtua.

Guru yang diharapkan dapat memberikan pendidikan seks di sekolah harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Memiliki kepribadian yang matang.
  2. Memiliki cukup pengetahuan tentang seksualitas, khususnya yang berkaitan dengan materi pendidikan seks.
  3. Tidak menyampaikan informasi tentang seks yang tidak ilmiah, seperti yang didasarkan kepada mitos, perasaan, anggapan pribadi, atau pengalaman pribadi.
  4. Tidak mengalami hambatan sosiokultur ketika harus berbicara tentang seksualitas.
  5. Dapat berkomunikasi dengan baik tanpa menimbulkan kesan seksualitas adalah sesuatu yang tidak layak dibicarakan, apalagi dianggap cabul.

Author : Diana Yunita Sari

Source : Gaya Hidup Sehat

sumber:www.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar