Sabtu, 18 April 2009

Pendidikan Wajar Sembilan Tahun di Kalteng Tuntas 2009

Kamis, 10 April 2008 | 11:41 WIB

PALANGKARAYA, KAMIS- Program wajib belajar sembilan tahun di Provinsi Kalimantan Tengah ditargetkan tuntas tahun 2009.

Sementara itu Pemerintah Kota Palangkaraya bahkan akan meluncurkan program wajib belajar 12 tahun pada Juli mendatang. "Ini karena sarana dan prasarana pendidikan di Kota Palangkaraya lebih baik dibanding kabupaten-kabupaten di Kalimantan Tengah lainnya," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Tengah, Hardy Rampay, di Palangkaraya, Kamis (10/4).

Rasio guru dan murid di Kalimantan Tengah, kata Hardy, dinilai mencukupi. Ada sekitar 32.000 guru di provinsi ini dengan jumlah murid 472.000 anak. Persoalannya, sebaran guru tidak merata, sehingga terkonsentrasi terutama di ibukota provinsi, ibukota kabupaten, dan kurang tersebar hingga sekolah-sekolah di pedalaman.

Hardy menuturkan, solusi problem tidak meratanya sebaran guru ini dilakukan dengan mengirimkan 1.260 guru yang tahun lalu sudah mendapat SK Calon Pegawai Negeri Sipil untuk dikirim mengisi kebutuhan tenaga pengajar di pedalaman. Bahkan, beberapa pemerintah kabupaten seperti Murung Raya, Lamandau, dan Seruyan mengirim calon guru untuk disekolahkan di perguruan tinggi di Palangkaraya, sebelum nantinya kembali mengajar ke daerahnya.(CAS)

Cyprianus Anto Saptowalyono

sumber:www.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar