Sabtu, 18 April 2009

Kabupaten Bandung Punya Gedung Sekolah Tahan Gempa

Rabu, 8 April 2009 | 13:44 WIB
Laporan wartawan KOMPAS Didit Putra Erlangga Rahardjo

BANDUNG, KOMPAS.com — Kabupaten Bandung kini memiliki satu unit sekolah dasar dengan spesifikasi bangunan yang tahan gempa. Bangunan yang terletak di Desa Sukamulya, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, tersebut diresmikan pada hari Rabu (8/4) oleh perwakilan dari Koalisi Keamanan Sekolah Global (COGS) serta Pusat Pembangunan Daerah Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNCRD).

Menurut Koordinator UNCRD Shoichi Ando, pembangunan gedung sekolah ini merupakan proyek percontohan di kawasan Asia Tenggara. Di Indonesia, hanya ada dua lokasi pembangunan SDN tahan gempa, yaitu di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. Selain Indonesia, proyek ini juga dilakukan di India untuk perwakilan Asia Selatan, Uzbekistan untuk Asia Tengah, dan Kepulauan Fiji mewakili Kepulauan Pasifik.

Tujuan dari pembangunan sekolah tahan gempa ini adalah untuk menyediakan fasilitas pendidikan yang aman bagi para murid. Selain pembangunan bangunan sekolah, masyarakat juga dilibatkan, seperti prosedur keselamatan saat gempa berlangsung.

Tenaga Ahli Pusat Mitigasi Bencana Institut Teknologi Bandung Dyah Kusumastuti menuturkan, sebagian besar wilayah di Indonesia merupakan daerah rawan gempa bumi. Selain Pulau Kalimantan, pulau lain memiliki risiko tinggi terkena gempa sehingga harus memiliki bangunan yang tahan gempa.

Prinsipnya, terang Dyah, bangunan tahan gempa adalah bangunan yang kokoh setiap elemennya, selain itu juga saling berkaitan. Kalau pembangunan rumah juga mematuhi standar pembangunan yang dikeluarkan pemerintah, kemungkinan untuk tahan terhadap gempa jauh lebih tinggi.


sumber:www.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar